5 Ways To Get Your Perfect Skincare Products

September 22, 2017

Dalam membeli produk Skincare memang kita harus "pintar-pintar", karena Skincare berbeda dengan Makeup, kita tidak bisa langsung dengan cepat menyimpulkan bahwa satu produk ini cocok atau tidak di kita. Berikut adalah tips-tips dari saya jika kamu ingin membeli produk Skincare namun masih maju mundur:

1. Kenali Jenis Kulitmu

    Seperti di postingan saya sebelumnya, Mengetahui jenis kulit kita sendiri adalah dasar dari sukses atau tidaknya kamu dalam membeli produk. Mengapa demikian? dengan mengetahui jenis kulitmu, kamu jadi lebih paham produk apa yang kulit kamu butuhkan. Kamu tidak mungkin kan membeli krim dengan tekstur yang sangat lembab sementara jenis kulit kamu sendiri adalah Oily, yang ada wajah kamu semakin terlihat berminyak, atau sebaliknya. Jenis kulit terbagi menjadi 4. Dry, Oily, Combination, and Sensitive Skin. Yang mana yang menjadi jenis kulitmu?.

2. Permasalahan Yang Ada Di Kulit

    Setelah mengetahui apa jenis kulit yang kamu punya, perhatikan kembali kulit wajahmu, lalu fokuskan pada bagian mana yang kalian ingin "obati". Mungkin kalian merasa tekstur kulit kalian, kerutan di wajah, atau ingin lebih mencerahkan. Pesan dari saya, dengan kamu lebih fokus untuk mengetahui apa masalah yang ada di kulit kamu, kamu juga akan lebih mudah kedepannya dalam mencari produk apa yang cocok untuk permasalahan yang ada di kulit wajah kamu. Karena Skincare pun butuh waktu.

3. Sesuaikan Dengan Budget Kamu

   Yes, it is, ini adalah part yang tidak kalah penting menurut saya, karena banyak sekali produk Skincare yang dijual apalagi di era digital seperti sekarang ini, baik itu produk lokal atau luar. Kalau kalian malas datang ke counter bisa juga beli di Instagram, dengan mengtahui berapa budget yang kamu punya, kalian dapat mengira-ngira sampai mana batas kemampuan kita. Kalau untuk urusan budget memang tiap orang berbeda-beda pastinya, murah bagi A belum tentu bagi B, mahal bagi C belum tentu bagi D, dan seterusnya.

4. Memilih Produk Yang Tepat

   Here we go! sudah tahu jenis kulit, permasalahan apa yang ada di wajah kita, dan batas pengeluaran yang kamu miliki, saatnya mencari produk yang pas. Disini yang saya maksud harus pintar-pintar, jika kamu masih awam dalam dunia Skincare, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah research, research, research. Yes, jangan pernah malas membaca atau mencari tahu ya teman-teman, saya paham betul betapa malasnya terkadang untuk baca dan mencari tahu tentang sebuah produk, atau kalian juga bisa tanya teman yang mungkin sudah pernah mencoba produk itu sebelumnya. Saya selalu lakukan ini tidak hanya untuk Skincare, tetapi juga Makeup. setelah kalian mengetahui review-review tentang produk tersebut, saya biasanya langsung datang ke counter yang saya rasa sesuai dengan tiga poin di atas (kalau kalian lebih suka belanja online feel free ya, tetapi saya pribadi lebih suka belanja langsung). Nilai plus jika belanja langsung di counter itu kita bisa langsung bertemu dengan BA nya, biasanya saya masih tanya banyak tentang produk yang sudah saya incar ini, lalu saya juga bisa merasakan tekstu dari produknya langsung, terkadang jika ditengah obrolan saya merasa belum begitu yakin untuk membeli produk itu atau tidak, saya selalu minta sampel dari produk tersebut untuk mengetahui cocok atau tidak, gak mau dong semisalnya sudah beli produk Skincare yang over budget ternyata gagal. Hal ini saya lakukan untuk meminimalisir rasa penyesalan yang berlebihan. Atau jika memang kamu sudah yakin betul produk tersebut adalah tepat untuk kulitmu, kalian bisa langsung mencobanya.

5. Skincare Butuh Waktu

    Reaksi sebuah produk memang berbeda-beda di setiap orang, bisa bagus sekali di kulit si A, tetapi di kulit si B menjadi beruntusan (misalnya). Balik lagi, Skincare itu cocok-cocokan dan butuh waktu. Memang ada produk Skincare yang bertujuan itu detox (mengeluarkan dahulu racun-racun dan kotoran yang ada di wajah setelah itu wajah kamu menjadi bersih) Tetapi sejujurnya Skincare seperti ini memang selalu saya hindari, pada saat kamu sedang mencoba sebuah produk namun pada awal pemakaian kulit wajah kamu menjadi beruntusan, dan jika itu berlangsung lebih dari 3 bulan atau bahkan kondisinya lebih parah, itu artinya kulit kamu tidak cocok dengan produk tersebut ya, selain itu biasanya kulit kamu menjadi merah-merah, gatal, perih jika disentuh. Jika kondisi tersebut terjadi dengan kamu, jangan langsung menyerah ya, dengan begitu kalian jadi semakin tahu produk apa saja yang bekerja baik di kulit kalian. Saya sendiri pun juga melakukan trial & eror sampai saya dapat mengatakan "oke produk ini cocok untuk saya" .
  
Menggonta ganti Skincare memang saya tidak terlalu anjurkan untuk kamu yang memiliki kulit Sensitif, karna kulit Sensitif harus ekstra hati-hati dalam penggunaan produk Skincare. Semoga 5 tips di atas bermanfaat untuk kamu yang ingin membeli produk Skincare namun masih bingung bagaimana caranya agar tidak salah langkah (karena langkah tersebut juga yang selalu saya lakukan setiap ingin membeli produk Skincare). Have a nice day all :) 


WITH LOVE,
 Aristya Rizky Badzlina

You Might Also Like

0 comments