Double Cleansing & Sunscreen, It's a Must!

September 15, 2017

Untuk kamu yang setiap harinya menggunakan Makeup mari kita berpegangan tangan dan keliling dunia. Makeup tidak bisa dipisahkan oleh kita sebagai wanita, apalagi tuntutan pekerjaan pun juga menjadi alasan terkuat para wanita tidak mungkin tidak dandan di kantor, apalagi jika harus Meeting, bertemu klien, menghadiri event, yang dimana wajah kita harus full Makeup sampai larut malam

Mungkin yang sudah kenal saya, pasti tau betul bahwa saya dulu amat sangat pecinta Lipstick (sampai sekarang sebetulnya). Saya rela mengeluarkan biaya berapapun untuk sebuah Lipstick. Apalagi Lipstick dari brand manapun ada saja mengeluarkan produk baru, koleksi Lipstick saya sampai menumpuk di meja rias saking banyaknya

Namun, semua itu pelan-pelan berkurang awalnya karena setelah saya lulus kuliah, kebetulan saya bekerja di instansi perbankan yang dimana setiap hari saya pasti menggunakan Foundation, eyeshadow, dll, wajah saya selalu full Makeup karna bertemu dengan para Nasabah, sampai akhirnya saya berfikir kulit saya rasanya kasihan sekali kalau setiap hari pori-pori ditutup oleh Makeup, disitu saya mulai mencari produk Skincare untuk merawat kulit

Saya pada saat itu belum addict dengan Skincare routine, saya berfikir "Ah kulit gw gak bermasalah ini, yang penting cuci muka, sebelum tidur pake krim malam." Rutinitas Skincare saya memang tidak sebanyak sekarang. Saya mulai mencari tahu segala hal tentang bagaimana cara merawat kulit, produk apa yang mesti saya gunakan, saya harus tau jenis kulit saya apa sebelum saya salah membeli produk, dan masih banyak lagi

Setelah pencarian dan baca review kesana kemari, akhirnya saya mengetahui bahwa jenis kulit saya adalah kombinasi cenderung berminyak (pesan saya untuk kamu yang masih bingung mencari produk Skincare, sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu ya jenis kulit kamu itu apa, karna beda jenis kulit beda pula produk yang mesti digunakan). Step yang saya gunakan adalah Facial Foam & Scrub, Toner, Serum, Moisturizer (Day & Night), Eye Cream, Lip Sleeping Mask, Masker untuk perawatan mingguan. Pencarian saya tidak berhenti sampai disitu, saya juga mencari produk apa yang bagus untuk jenis kulit saya dari beberapa sumber, website, dari situ saya mulai tertarik dengan Skincare dan bahkan prioritas utama saya sekarang Skincare dulu baru Makeup

Awalnya karena tergiur dengan produk-produk yang menjanjikan kulit yang mulus dan selembut sutera, saya akhirnya mencoba satu persatu (yang pastinya harganya masih sesuai dengan budget saya ya, atau kalau yang lebih dari budget saya pasti saya nabung dahulu sampai akhirnya membeli produk tersebut). Mencoba Skincare itu memang rasanya seperti tebak-tebak buah manggis, karena Skincare itu cocok-cocokan berbeda dengan Makeup, sering terlintas di benak saya jika ingin mencoba produk Skincare baru "Cocok gak ya di kulit gw" "Kalau jadi jerawatan gimana ya" apalagi jika produk yang saya beli itu harganya lumayan Pricey, nyesek banget kan kalau udah beli mahal-mahal, gak cocok pula

Alhamdulillah sejauh ini belum ada (jangan sampai) produk yang tidak cocok di kulit saya, at least sampai breakout parah, paling hanya beruntusan sedikit dan itupun saya pasti langsung stop menggunakan produk tersebut. Karena saya hobi gonta-ganti produk Skincare, ada masa dimana saya merasa "perasaan kok udah beli serum ini (apapun produk yang saya sedang coba) tidak ada reaksi yang signifikan ya." Karna saya memang dari semua rangkaian Skincare, saya rela mengeluarkan budget lebih kalau untuk Serum. Menurut saya Serum / Essence adalah step awal agar penyerapan Skincare lainnya dapat bekerja optimal. Namun semakin kesini saya rasa saya harus merubah mindset saya

Mengapa demikian? setelah saya sadari, bahwa mau semahal apapun produk Skincare yang kamu beli, mau dari brand Drugstore atau Highend sekalipun, kalau cara kamu membersihkan kulit wajah saja masih belum benar, semua akan sia-sia. Bagaimana produk Skincare kamu akan bekerja dengan optimal kalau kulit wajah kamu saja masih ada atau bahkan banyak sisa-sisa kotoran yang masih menempel? (itulah yang ada di benak saya belakangan ini). Mulai dari situ saya langsung merubah pola pikir saya yang awalnya "gpp deh beli serum mahal pasti hasilnya bagus" menjadi "udah bersih belum ya kulit wajah saya"

Beberapa waktu lalu, di kerjaan saya sedang ada Photoshoot dan kebetulan MUA nya adalah Bubah Alfian. Saya banyak ngobrol tentang Makeup dengannya dan pada saat saya bertanya "Kak, apa sih tips Makeup dari kakak?" jawabannya adalah "Jangan lupa selalu double cleansing setiap habis menggunakan Makeup ya." Yang saya fikir beliau akan menjawab tentang hal yang berhubungan dengan Makeup, tetapi yang ditekankan adalah cara membersihkannya. Saya menjadi semakin konsen tentang double cleansing, apalagi yang bicara adalah MUA yang pastinya jam terbangnya sudah tinggi. Terima kasih, Kak Bubah!

Akhirnya saya mulai menjadi sangat hati-hati pada saat membersihkan Makeup, dan sebelum cuci muka saya harus memastikan bahwa semua Makeup yang ada di wajah saya luntur oleh Cleanser oil ini. Jenis cleanser pun beraneka ragam, ada yang bahan dasarnya Air, Oil, dan Balm (untuk produknya apa tergantung jenis kulit kalian ya, kalau saya lebih suka menggunakan Cleanser oil karna rasanya lebih mengangkat sisa-sisa Makeup saya). Setelah itu baru saya membersihkan wajah, dan seminggu 2x saya menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah. Rutinitas ini kurang lebih sudah saya lakukan selama satu tahun terakhir ini dan saya sangat merasakan bedanya jika kulit sudah bersih dan siap untuk ditimpa oleh Skincare selanjutnya. Ibarat kamu mau melukis, kalau kanvasnya bersih pasti hasil gambarnya juga akan bagus dilihatnya. Saya melakukan double cleansing ini hanya di malam hari saja, di pagi hari saya mencuci muka seperti biasa dan saya juga ingin berpesan "Jangan pernah lupakan Sunscreen!" Walaupun kita bekerja di ruangan ber AC, sinar matahari juga bisa masuk ke kulit kita, apalagi jika kalian sehari-hari kerjanya di luar ruangan. Gak mau kan kulit kita sudah penuaan dini hanya karena malas pakai Sunscreen. Jangan pernah malas untuk merawat kulit ya. Mungkin di lain waktu saya akan membahas tentang Skincare Routine saya secara lebih dalam lagi

Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua, kalau kalian masih bingung atau ngerasa "Kok gw udah beli produk ini hasilnya gini-gini aja ya" "Gw udah ngelakuin 10 Step Skincare ala korea padahal tapi jerawat dan noda bekas jerawat masih belum hilang juga" Coba kalian kembali lagi ke basic awal Skincare, apakah sudah benar kalian dalam membersihkan wajah? dan jangan lupa, "Skin First, Makeup Second, Smile Always."



WITH LOVE,
Aristya Rizky Badzlina

You Might Also Like

0 comments