Bhineka Tunggal Ika Menurut Saya

November 16, 2011

indonesia sudah dikenal dengan Bhineka Tunggal Ika yang kita semua pasti sudah tau apa arti dari kalimat tersebut yang berarti "walau kita berbeda-beda namun tetap bersatu" tapi apakah hanya sekedar tau dan tidak diterapkan? indonesia banyak sekali suku bangsa dan ras-ras, bahkan sangkin banyaknya saya sendiri suka merasa bingung dan ada beberapa yang saya sendiri pun tidak tau bahwa ternyata ada suku tersebut di indonesia. dan terkadang saya merasakan bahwa arti dari Bhineka Tunggal Ika itu sendiri hanya sebagai sebuah arti dari kalimat dan tidak diterapkan langsung dalam kehidupan. contohnya saling menghargai. jujur, menurut saya orang-orang di indonesia sangat susah untuk menghargai orang lain. dan seharusnya dengan adanya beraneka ragam suku, ras, agama, atau mungkin berbeda pendapat kita harusnya menyatu dan saling mengisi satu sama lain dan tidak ada yang terpecah belah atau merasa ditindas oleh satu masyarakat lainnya. saya disini tidak ingin merubah satu kata pun dari arti bhineka tunggal ika itu sendiri, saya hanya ingin menambahkan pendapat saya apa itu Bhineka Tunggal Ika, saya tetap menyatakan bahwa arti dari Bhineka Tunggal Ika "walau kita berbeda-beda namun tetap bersatu" dan menurut saya, Bhineka Tunggal Ika itu lebih dari sekedar arti itu sendiri melainkan bagaimana kita menerapkan langsung ke kehidupan untuk menjadi orang yang selalu menolong sesama, saling menghargai, tidak ada perbedaan dan merasa dibedakan antara satu dengan yang lain. dengan menerapkan sikap yang positif di kehidupan, maka hidup akan terasa lebih nyaman dan arti dari Bhineka Tunggal Ika lebih terasa dan bukan hanya sekedar kata atau kalimat. sekian dari saya, semoga pendapat saya mengenai Bhineka Tunggal Ika ini dapat bermanfaat dan bisa kita terapkan di kehidupan kita :)



"walau kita berbeda-beda, namun tetap bersatu."


You Might Also Like

0 comments