Ketika Menulis Dapat Menyembuhkan

November 02, 2011

well, gw barusan abis baca suatu artikel di detik.com dan gw sangat menyukai artikel tersebut, judulnya tentang "ketika menulis dapat menyembuhkan" dan ini dia isi dari artikel tersebut:

"menurut saya menulis memang untuk melegakan dan melonggarkan apa yang fikiran saya teriakan. dengan menulis saya merasa bagaikan menurunkan beban berat yang ada di fikiran saya yang tidak mampu saya sampaikan kepada siapapun. karena dengan tulisan saya merasa telah bisa berekspresi bebas mengeluarkan semua yang tidak mungkin saya ungkapkan lewat mulut dan sikap saya. tulisan adalah jendela terluas yang saya miliki untuk melihat dunia dan tulisan yang saya buat adalah saluran terbaik yang tidak pernah mampat dalam menyalurkan apapun yang ada di fikiran saya, menulis membuat saya bebas. menulis buat saya adalah suara terabadi dan tidak mudah hilang dengan kencangnya angin dan tidak mudah rapuh dengan derasnya air. buat saya menulis adalah sebuah obat yang dapat menjernihkan pemikiran, ketika kita menuangkan tiap apa yang ada dalam kepala kita dalam tulisan dan ketika kita membaca kembali apa yang kita tulis, secara tidak sadar kita sedang mencoba memperbaiki apa yang ada di fikiran kita. saat kita membaca apa yang kita tulis, kita diperankan sebagai seorang pembaca yang membaca tulisan orang lain. kalimat yang kasar, ketikan yang salah, pemikiran yang terlalu ekstrim yang mungkin saja selama ini terlihat benar dalam pemikiran kita akan menjadi tidak demikian jika kita menuliskannya dan mencoba untuk membacanya kembali. kekeliruan yang mungkin saja ada dalam pemikiran kita semakin bisa dipahami dan diluruskan ketika kita membaca apa yang kita tulis. tulisan juga seringkali bisa membuat kita lebih baik dari kita yang sebenarnya, tulisan menurut saya tidak hanya bisa mengobati sang penulis namun juga lebih terasa pengaruhnya pada pembacanya. tidak jarang sebuah tulisan bisa mengubah sesuatu secara massal, bisa memutarbalikan fakta, bisa menjadi pribadi yang ganda dalam pencitraan, bisa memperbaiki pola pikir, dan bisa menjadi cikal bakal sebuah kejadian besar. tulisan adalah obat bagi penulisnya, tulisan adalah obat bagi pembacanya, tulisan adalah salah satu senjata ampuh untuk perubahan. menulislah maka kau akan bisa mengubah dunia, setidaknya dunia dalam dirimu sendiri yang akan menjadi lebih baik, lebih luas dan lebih terarah.."

jadi, jangan pernah berhenti menulis sesuatu hal yang ingin kalian sampaikan yah kawan.. semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

0 comments